Translate


EnglishFrenchGermanySpainItalianNetherlandsRussian
PortugueseJapaneseKoreanArabicChinese SimplifiedCroatianDanish

Belajar VB 6.0 Headline Animator

10 Juli 2008

Tampilan Warna Warni

Terkadang kita merasa bosan bila melihat aplikasi yang isinya hanya ada dua warna, hitam dan putih, maka kita harus punya cara yang kreatif agar tampilan aplikasi yang kita buat lebih terlihat bervariatif. Salah satu caranya adalah dengan membuat label yang warna tulisan dan background nya berubah-ubah alias warna warni.

Dalam visual basic telah tersedia sebuah fungsi yang bernama RGB singkatan dari RED GREEN BLUE yang berfungsi untuk mengatur intensitas warna merah, hijau dan biru pada suatu objek. Bentuk umum dari fungsi ini adalah RGB(Red As Integer, Green As Integer, Blue As Integer ).

Sebagai contoh kita bisa memasukkan RGB(255,0,0) untuk menampilkan warna merah. Angka 255 pada fungsi tadi dimaksudkan untuk mendapatkan warna merah yang maksimum, bila kita kurangi nilainya maka warna merahnya akan semakin tua. Kita juga bisa membuat gradasi warna yang lain yang kita inginkan.

Untuk membuat sebuah label atau background atau properti warna yang lain pada sebuah kontrol maka kita bisa memanfaatkan statement Randomize (Rnd) yang berfungsi untuk mengacak intensitas warna.
Mari kita coba membuat sebuah aplikasi dengan memanfaatkan fungsi RGB dan statement Rnd. Kontrol yang kita butuhkan adalah sebuah label dan sebuah Timer dengan interval 100. Lalu cobalah ketikkan kode berikut ini dan mainkan programmu. :


Private Sub Timer1_Timer()

Label1.BackColor = RGB(Rnd * 255, Rnd * 255, Rnd * 255)

Label1.ForeColor = RGB(Rnd * 255, Rnd * 255, Rnd * 255)

End Sub

Kalau malas mengetikkan kodenya, bisa diambil contohnya disini.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

keren bngt mas..
sering2 posting artikel vb lainnya ya..
pas bngt buat aku yang lagi belajar vb 6.0

Anonim mengatakan...

thank ilmu2nya ya..
smg berkah & bermanfaat..

Anonim mengatakan...

Mantab jaya keren abis

 
>