20 March 2011

Mengambil Data Dari Form Lain

Ada saatnya ketika kita ingin mengambil data yang terdapat pada suatu form untuk dapat kita gunakan pada form lainnya. Misalnya kita memiliki data pada sebuah kontrol textbox pada form1 dan kita ingin mengambil data tersebut tanpa harus melihat kembali ke form1 atau kita tidak perlu melakukan copy paste dari satu form ke form yang lainnya. Caranya tidaklah sulit, format umumnya adalah sebagai berikut:

[kontrol]form_tujuan=form_sumber[.][kontrol_sumber][.][properti kontrol]

Sebagai contoh:
Ketika kita ingin mengambil data yang ada pada text1 pada form1 yang akan menjadi sumber data dan meletakkannya pada sebuah label1 pada form2 sebagai form tujuan maka kode yang harus kita tuliskan adalah:

label1.caption=form1.text1.text


Hanya seperti itu...???
Ho'o... hanya seperti itu. Namun ketika saya coba ternyata ada ketentuan lain yang harus diperhatikan. Ketentuannya adalah form sumber tidak boleh kita unload atau kita tutup secara penuh. Lantas bagaimana bila kita tidak ingin menampilkan form1..? Kita bisa menggunakan prosedur "hide" yang sudah ada pada setiap form untuk sekadar menyembunyikan form1. Untuk pemanggilannya kita bisa menggunakan perintah:

form1.hide atau Me.hide dimana Me disini adalah form tempat kode ini berada. Untuk melihat perbedaannya bisa dilihat pada contoh aplikasi sederhana ini.

Semoga bisa menambah pengetahuan buat pemula seperti saya.

8 comments:

djie said...

wah.. makin asik nih vb ...

konveksi tas said...

Klo buat program penjualan ada stok barang caranya gimana ya?tiap ada penjualan stok berkurang sesuai barang yg terjual

Unknown said...

mz kalau mau bikin koneksi kata di textbox caranya gmn???mohon bantuannya!!

Anonymous said...

maksudnya koneksi gmn ??

Eko said...

sangat membantu, terima kasih..

Unknown said...

Kalo Buat Mindahin data dari form1 list1 ke form2 list 1 ada yang tahu caranya?

Unknown said...

Kalau gitu susah praktekx ya bank???😱

Prast said...

Mhn masukan. Klo memasukan nama(kasir/user) yg berada di form1 (menuutama) ke data form2 (penjualan) tanpa ada label or textbox di form2 gmn caranya. Tujuannua spy saat mw print form2(penjualan) bsa muncul nama usernya. Sdh dicba dgn insert....conn g bsa2. Tq 🙏

 
>