12 December 2007

Amankan File Word Anda

Beberapa waktu lalu saya mendapati sebuah virus gak tau virus itu virus baru atau virus lama dan saya juga gak tau siapa nama si virus itu, tapi yang penting efek dari virus itu dia menghapus file-file word yang ada di komputer yang terinfeksi virus tersebut dan mengganti file yang dihapusnya dengan file bentukan yang baru dengan icon word xp dan ukuran file yang sama dengan ukuran file yang dihapusnya namun ekstensi file ini berubah menjadi *.exe bukan lagi *.doc . Hampir saja data-data laporan kerja praktik dan skripsiku hilang. Tapi untungnya aku masih punya backup-an data yang banyak.

Biasanya virus-virus lokal gak ada yang tega menghapus file, tapi ternyata virus ini menghapus file yan memiliki extensi *doc. Awalnya gak percaya klo data documentku hilang karena biasanya cuma dihidden doank atau sampai di-superhidden oleh si virus, jadi saya mencoba mengubah pengaturan dari menu folder option yang ternyata bisa digunakan, namun ternyata data-data saya tetap gak ada. Karena penasaran, akhirnya saya mencoba membuka file virusnya, yaitu dari file bentukan si virus dengan hexa editor, sebuah aplikasi untuk melihat file secara heksadesimal. Dengan sedikit butuh kesabaran saya coba liat perbaris dari virus tersebut dan akhirnya saya menemukan sebuah kalimat yang cukup mengejutkan saya, kira-kira kalimatnya seperti ini "deletefile *.doc" . Dari sanalah akhirnya saya yakin bahwa file word saya sudah dihapus oleh si virus.

Untuk sebuah data penting saya biasanya membuat atau menyimpan data tersebut ke dalam beberapa media penyimpanan dari mulai harddisk, flasdisk, CD, DVD bahkan saya simpan sampai ke memory ponsel saya. Apalagi setelah saya tau klo ada virus ( dalam hal ini virus lokal ) yang sudah dengan tega menghapus data pengguna komputer yang terinfeksi. Klo virus dahulu kayaknya gak setega virus itu, virus-virus yang laen biasanya hanya merusak file sistem operasi.

Selain menyimpan di beberapa media penyimpanan saya juga sudah membuat beberapa cara penyimpanan data selain ber-ekstensi *.doc misalnya saya mengkompres data saya dengan WinRar dan Winzip karena biasanya virus gak bisa menyerang data yang terkompres, tapi gak saya gak tau juga ya, sapa tau dah ada virus yang merusak file yang terkompres. kemudian saya juga membuat file dalam mentuk PDF. Dan yang saya anggap paling aman dari gangguan virus adalah saya mengubah ekstensi filenya menjadi tiga huruf yang saya sukai dengan memanfaatkan perintah "ren" dari command promt saya mengubah semua file penting saya menjadi *.bck . Klo ada yang belom tau cara menggunakan perintah ren berikut saya berikan contohnya "> ren [nama file.doc] [nama file.bck]" trus enter.

Namun bila menggunakan cara yang terakhir, kita akan sedikit repot ketika ingin membuka atau ingin mengubah isi dari file tersebut karena kita harus mengubah kembali ekstensi file tersebut menjadi *.doc baru setelah itu kita bisa mengubahnya, atau kita bisa mencoba dengan klik kanan dan "open with"-nya pake office word.

Maenin virus terkadang menyenangkan namun terkadang juga menjengkelkan.

1 comment:

Bimo Blog's said...

Hm trik yang bagus jg, sm yang saya lakukan jika ada file yang sangat penting untuk disimpan, dalam hal ini program aplikasi, dokumen (Skripsi saya tidak mau terkena virus menyebalkan yang mengubah ekstensi defaultnya *.doc). Cara mengubah ekstensi jg bisa dilakukan dari Win Explorer, klik kanan trus pilih rename tp dgn catatan Ektensi si file harus sdh terlihat (caranya klik Tool->folder option trus msk ke tab View-> trus hilangin tanda centang "Hide extension for known file types). Sebenarnya trik ini jg menghindari dari serangan trojan yang menginfeksi program2 setup / instalasi yang sangat penting... Hm cm itu doank kok. Thx

 
>