Translate


EnglishFrenchGermanySpainItalianNetherlandsRussian
PortugueseJapaneseKoreanArabicChinese SimplifiedCroatianDanish

Belajar VB 6.0 Headline Animator

17 Februari 2008

Pembuatan Modul Pada VB 6.0 dan Pengaplikasiannya

Untuk membuat sebuah modul, sama aja seperti kita mau menambahkan sebuah form ke aplikasi kita, tapi yang kita tambahkan bukan form tapi modul.

Kalo saya biasanya menggunakan modul buat prosedur2 yang akan saya pake di hampir semua form yang saya gunakan jadi dari pada saya buat prosedur yang sama maka saja buat di modul. Tapi gak harus di modul juga bisa, misalnya di sebuah form tapi dibagian depannya kita ganti biasanya "Private Sub Nama prosedur" kita ganti menjadi "Public sub Nama Prosedur". Public disini berarti prosedur yang kita buat bisa dipake disemua form yang ada di aplikasi kita.

Trus cara pemanggilannya juga gampang banget kok. Klo prosedurnya diletakkan di modul maka pemanggilannya "Call Nama prosedur", fungsi "call" berfungsi untuk memanggil prosedur yang sudah kita buat. Tapi kalo prosedurnya kita letakkan di form maka pemanggilannya agak berbeda, tapi tetap menggunakan fungsi "Call", menjadi "Call (nama form letak prosedur).(nama prosedur). Semua prosedur atau metode dan fungsi juga sama dalam pemanggilannya dengan menggunakan call dan pembuatannya didahului dengan kata "Public", klo sub prosedur ya menjadi Public Sub nama prosedur, kalo fungsi ya menjadi "public Function".
Semoga bermanfaat.

3 komentar:

memos mengatakan...

thank's infonya kk, sangat membantu..

djiesoft mengatakan...

thansk bos infonya, coba dulu ah.. sip!!!!

Anonim mengatakan...

Kalo untuk Ms Acces gimana Gan...

 
>