02 May 2008

Visual Basic ? Apaan Sih ?

Apa sih visual basic itu ??

Visual Basic atau yang lebih dikenal dengan VB merupakan bahasa pemrograman yang menawarkan IDE ( Integrated Development Environment ) yang bertujuan untuk menfasilitasi pembangun perangkat lunak dengan utilitas yang diperlukan.

Visual Basic merupakan turunan dari bahasa basic. Basic yang singkatan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code yang merupakan salah satu bahasa tingkat tinggi dan sebenarnya tidak bisa disebut sebagai bahasa pemula karena bahasa basic juga digunakan oleh senior-senior atau pemrogram ahli.

Pada visual basic ditawarkan akses ke basis data menggunakan Data Access Objects(DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO) dan dapat melibatkan banyak basis data mulai dari Oracle, Sql Server, Access dan MySql, serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX dan masih banyak lagi keunggulan yang lain.

"Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java."(Wikimedia.org)

2 comments:

Anonymous said...

kalo buat login vb yang datanya dari database gimana yach???
truzz buat memblok login vb kalo 3 kali salah gimana yach????

vederis said...

tidak hanya itu saja.
Visual Basic (yang sering juga disebut dengan VB) selain disebut sebagai sebuah bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasiskan windows. beberapa kemampuan atau manfaat dari visual basic di antaranya seperti:
- untuk membuat program aplikasi berbasis windows.
- untuk membuat objek-objek pembantu program seperti misalnya kontrol activeX, file Help, aplikasi Internet, dan sebagainya.
- menguji program (debugging) dan menghasilkan program akhiran EXE yang bersifat executable, atau dapat langsung dijalankan.

 
>