Translate


EnglishFrenchGermanySpainItalianNetherlandsRussian
PortugueseJapaneseKoreanArabicChinese SimplifiedCroatianDanish

Belajar VB 6.0 Headline Animator

13 April 2008

Pencegahan Error Dengan Membatasi Tindakan Pengguna

Sebagai seorang pembuat program yang baik. Kita harus dapat memikirkan segala tindakan yang mungkin dilakukan oleh pengguna aplikasi kita dan kemudian mencegah hal-hal yang tidak boleh dilakukan agar error program dapat dicegah.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah pengguna melakukan kesalahan dalam menggunakan aplikasi salah satunya adalah dengan membatasi tindakan pengguna.

Untuk dapat membatasi tindakan pengguna maka dapat dilakukan dengan menjaga agar tindakan yang dilakukan pengguna benar-benar aman walaupun terkesan dipaksakan. Contoh kasus, pada saat pengguna akan menambah data dengan menekan tombol Tambah lalu menuliskan data yang baru. Bagaimana bila sebelum pengguna belum menekan tombol Simpan dan langsung menekan tombol navigasi ? Untuk mencegah hal tersebut maka kita dapat mengatur propertis enable pada tombol navigasi. Contoh kode program untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tombol navigasi :

Private Sub cmdNavigasi(status As Boolean)

cmdFirst.Enabled = status

cmdLast.Enabled = status

cmdNext.Enabled = status

cmdPre.Enabled = status
End Sub

Private Sub cmdTambah_Click()

Call cmdNavigasi(False) ‘---Menonaktifkan tombol navigasi
End Sub

Private Sub cmdSimpan_Click()

Call cmdNavigasi(True) ‘---Mengaktifkan tombol navigasi
End Sub

Tindakan lain yang perlu diwaspadai adalah bila pengguna tanpa sengaja menekan tombol Hapus, maka kita harus membuat sebuah konfirmasi sebelum data benar-benar dihapus.

Selain itu untuk membatasi tindakan penguna dapat dilakukan dengan mengunci textbox sehingga pengguna tidak dapat melakukan perubahan. Misalnya kita tidak ingin pengguna merubah kode tetapi kita juga tidak ingin menggunakan kontrol label sebab kadang kita juga ingin menambah data baru. Oleh karena itu kita dapat mencegahnya dengan melakukan penguncian pada textbox yang kita inginkan dengan mengatur properti Locked-nya menjadi True atau False untuk sebaliknya.

Agar kesalahan pada database dapat dihindari kita juga bisa membatasi jumlah karakter yang boleh dimasukkan oleh pengguna dengan mengatur properti maxlength-nya menjadi lebar data pada database misalnya pada database lebar data adalah 5 karakter maka properti textbox-nya kita set menjadi 5 yang default-nya adalah 0.

Kesalahan lain yang dapat terjadi adalah pada tipe data yang berbeda dan pengaturan Null atau data boleh kosong dan Not Null atau data tidak boleh dikosongkan, misalnya pada database tipe datanya adalah int(integer) maka pengguna tidak boleh memasukkan unsur huruf didalamnya. Untuk mencegah hal tersebut maka dibutuhkan sebuah validasi data untuk mengecek apakah data yang dimasukkan sudah sesuai dengan ketentuan database yang diharapkan. Contoh kode programnya adalah sebagai berikut :

Private Sub cmdSimpan_Click()

If txtKode.Text = “” Then ‘---input kosong

MsgBox "Data tidak boleh kosong", vbExclamation + vbOKOnly,"Sistem Error"

txtKode.SetFocus

ElseIf Not IsNumeric(txtKode.Text) Then ‘---input bukan angka

MsgBox "Data tidak boleh kosong", vbExclamation + vbOKOnly, "Sistem Error"

txtKode.SetFocus

Else

Call simpan_data

End If
End Sub

Tidak ada komentar:

 
>