06 June 2008

Select TextBox

Terkadang kalau melakukan validasi data pada textbox, maka kita sering sekali menggunakan perintah " textbox.setfocus " untuk membuat textbox mendapatkan fokus sehingga kursor langsung menuju ke textbox tersebut. Namun cara ini menurut saya kurang asik, karena pengguna harus menghapus terlebih dahulu kata-kata yang berada dalam textbox tersebut, sehingga menjadi tidak efektif.

Ada salah satu cara, yaitu dengan memblok atau menyeleksi semua isi dari textbox sehingga bila user ingin mengganti data yang di-inputkan maka user tidak perlu menghapus terlebih dahulu, namun bisa langsung memasukkan data yang baru. berikut contoh code -nya:

Private Sub Text1_GotFocus()
Text1.SelStart = 0
Text1.SelLength = Len(Text1)
End Sub

Untuk membuat text terpilih semuanya maka kita dapat meletakkan code kita pada event GotFocus pada textbox. Event ini berfungsi saat componen yang kita mendapatkan fokus atau pada saat kursor berada pada komponen ini, dalam hal ini komponen yang kita gunakan adalah textbox.

Pada properti SelStart nilai value kita set dengan nilai 0 berarti text yang kita pilih dimulai dari depan, kalau pengen dicobain, nilai ini bisa diubah menjadi 1 atau 2 atau berapapun asalkan tidak lebih dari jumlah karakter yang kita masukkan, dan bisa dilihat perpedaannya.

Kemudian pada baris kedua adalah panjang atau lebar sel atau text yang akan diseleksi, pada code ini kita set nilainya dengan menggunakan perintah Len , yang berfungsi untuk mengetahui banyaknya karakter pada textbox1, sehingga program kita akan lebih dinamis, bayangkan saja bila nilainya kita set menjadi nilai tertentu misalnya 10, maka yang terjadi adalah bila user memasukkan karakter lebih dari 10 maka data pada textbox tidak akan terseleksi semua.

Selamat Berexperimen

No comments:

 
>